Bagaimana Tips Mempersiapkan Karir Yang Gemilang Sejak Dini ? (Seri #2)

Bagaimana Tips Mempersiapkan Karir Yang Gemilang Sejak Dini ? (Seri #2)

Halo Kanivers… Semoga tetap semangat dalam situasi Pandemi COVID-19 ini. Yuk kita lanjut mengenal lebih banyak tips untuk menyiapkan karir yang gemilang untuk Kanivers semuanya !

Sebelumnya kita sudah membahas tentang metode pembelajaran yang harus didalami oleh mahasiswa selama menempuh perkuliahan. Sebagian besar saya gambarkan sebagai metode formal sesuai standar “kemahasiswaan” dalam dunia kampus.. Nah pada Seri #2 dalam topik ini saya ingin berbagi kepada para Kanivers semua tentang “Smart Learning” yang bisa menjadi media akselerasi penguasaan materi terkait “mimpi” Anda untuk menjadi pribadi yang sukses meraih cita-cita.

Sesuai nama istilahnya, “smart” berarti cerdas dan berjiwa agresif. Smart Learning mengarahkan mahasiswa untuk memposisikan diri sebagai calon tenaga ahli di dunia kerja dengan kepercayaan diri yang kuat. Self confidence ini harus dimulai sejak Anda menentukan ingin jadi apa nantinya. Mau jadi professional cook? High calibre mixologist ? Atau bahkan Hotel General Manager dan Pengusaha Sukses ?? Ketika Anda sudah menentukan target tersebut, mulailah gelorakan spirit dalam diri Anda, katakan : SAYA HARUS JADI PROFESSIONAL COOK ! Atau lainnya..

Yuk kita lanjut lagi yaa tips dalam “Smart Learning” ini ;

1. Tanamkan sifat “tidak berpuas diri”

Seseorang yang berjiwa pemenang tidak akan mudah merasa puas dengan apa yang telah dicapainya. Contoh Anda ingin mendapatkan nilai A untuk mata kuliah tertentu, begitu nilai A telah Anda raih, maka selanjutnya Anda harus targetkan “saya harus lulus tepat waktu dengan nilai akhir terbaik!”. Demikian seterusnya, top up your limit to higher target once the previous one has been achieved. Tips ini akan membentuk karakter Anda menjadi calon pemimpin di masa depan. Catat yaa, “CALON PEMIMPIN” ! Bukan pemimpi.

2. Yakinkan diri Anda tentang “Tidak ada yang tidak mungkin”

Rubah impossible menjadi I’m possible. Yes , I can. Saya bisa. Sederhananya, Anda bisa mengkomparasi dengan orang lain mengapa dia bisa dan Anda tidak? Orang yang gagal adalah karena ada proses yang ia jalankan dengan salah. Kesalahan harusnya diterima dan dievaluasi untuk perbaikan kedepannya. Artinya apa? Artinya Anda harus memahami benar apa yang Anda lakukan, karena dengan demikian Anda akan mudah menemukan pada bagian mana Anda sempat keliru atau hal yang menjadi kelemahan Anda. Ingat bahwa orang yang tidak tahu akan menjadi tahu setelah mencari tahu atau diberitahu.

3. Perluas jaringan Anda.

Generasi millenials bahkan Gen-Z seperti Anda adalah type petualang, bergerak dinamis dan mudah terpengaruh. Manfaatkan sifat-sifat ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda terkait passion dan talenta untuk mendukung pembentukan jenjang karir Anda kedepannya. Mendapatkan ilmu di media sosial, bergaul dalam komunitas hotelier, membaca buku kepariwisataan dan perhotelan merupakan suplemen “otak” bagi Anda yang bisa didapatkan dari membangun hubungan sosial di lingkungan sekitar Anda.

4. Carilah mentor Anda.

Mentor yang dimaksud di sini bisa siapa saja, dosen – praktisi – tokoh pariwisata – profesional team atau bisa saja bukan figur atau sosok manusia. Situs berita online, virtual learning management system, tabloid culinary dan sebagainya. Begitu Anda menyebut “mentor” maka itu adalah panutan Anda, yang diharapkan bisa menjadi role model dan motivator dalam menapaki proses Anda menuju jenjang karir di industri.

5. Berkompetisi !

Tidak harus mendeklarasikan bahwa si A atau B atau lainnya adalah “lawan” Anda dalam berlomba meraih prestasi. Kompetisi adalah jiwa pemenang. Dengan mengkonsepkan pembelajaran adalah suatu kompetisi maka Anda menjadi terbiasa untuk men-challenge diri sendiri untuk mencapai target yang lebih tinggi, tidak meremehkan orang lain, sekaligus berupaya kreatif dan inovatif seperti halnya perusahaan bisnis yang menerapkan kompetisi dalam persaingan usahanya.

Demikian stategic tips “Smart Learning” yang bisa kita simpulkan bahwa apabila dengan cara-cara biasa maka hasilnya akan biasa pula, sebaliknya jika Anda mengerjakannya dengan luar biasa maka hasilnya juga akan luar biasa.

Sahabar Kanivers… Be Smart, Do Smart Learning, Get Your Success Soonest !

    div#stuning-header .netbee-stuning-header-bg-container {background-image: url(https://kanivainternational.com/wp-content/uploads/2020/05/kaniva-slide-depan03.jpg);background-color: #23214d;background-size: cover;background-position: center top;background-attachment: fixed;background-repeat: no-repeat;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 620px;}div#stuning-header .netbee-stuning-header-bg-container.netbee_stun_header_vertical_parallax {-webkit-transform: -webkit-translate3d(0,0,0) !important;-moz-transform: -moz-translate3d(0,0,0) !important;-ms-transform: -ms-translate3d(0,0,0) !important;-o-transform: -o-translate3d(0,0,0) !important;transform: translate3d(0,0,0) !important;}
    Open chat
    Anda butuh bantuan?