Bagaimana Tips Mempersiapkan Karir Yang Gemilang Sejak Dini?

Bagaimana Tips Mempersiapkan Karir Yang Gemilang Sejak Dini?

(Seri #1)

Kami mengamati begitu banyak para pekerja di dunia industri yang berbahagia karena karirnya melesat hingga pada posisi-posisi penting . Namun tidak sedikit pula yang menyesalinya karena karirnya tidak se-keren teman seangkatannya bahkan ada beberapa karyawan junior mampu menempati posisi di atasnya baik sebagai Supervisor maupun lainnya.

Sahabat Kanivers, Anda harus menjadi pribadi yang memiliki tujuan yang jelas, target yang besar dan tentunya sukses gemilang di masa depan. Kesuksesan karir akan menempatkan kehidupan Anda menjadi sejahtera dan bahagia. Untuk itu, sebagaimana jenjang karir yang bertingkat dari posisi paling bawah maka Anda juga harus menyikapi hal tersebut sebaik-baiknya selagi muda. Masa muda adalah masa keemasan untuk belajar dan melatih diri , walaupun proses belajar adalah berjalan sepanjang hidup kita.

Jika kita mengamati proses atau siklus sebuah pembelajaran maka kita dapat perhatikan ada 4 proses yang kita semestinya lalui sehingga makna dari “saya sudah belajar dan saya sudah mampu menerapkannya” benar-benar terwujud. Berikut ini 4 proses yang dimaksud ;

1. Mengenal materi

proses awal ini dapat dilalui dari banyak hal baik perkuliahan teori maupun praktek. Bagi siswa yang aktif akan berusaha mengenali suatu materi dari sumber dan metode lainnya untuk memperkaya pengetahuannya.

2. Menganalisa materi

proses ini adalah dimana siswa mulai melatih dirinya untuk meyakinkan bahwa materi tersebut sudah benar-benar dipahami. Karena hanya dengan paham materi ini siswa akan dapat melanjutkan pembelajarannya pada topik berikutnya.

3. Menguji materi

proses ini jarang disadari oleh siswa bahkan kadang dianggap beban dan cenderung kalau bisa akan dihindari. Dosen akan menguji dengan melakukan testing dan siswa dapat memanfaatkan tahapan ini untuk mengetelahui sejauhmana materi sudah dikuasi. Bila perlu diadakan pembelajaran ulang jika hasil ujian kurang memuaskan.

4. Improvisasi diri

siswa yang baik akan selalu meningkatkan kualitas dirinya. Dari materi yang sama siswa hendaknya dapat menemukan metode lain dalam memahami materi yang sama. Contoh, sekarang ini apakah Anda masih menghitung jari untuk soal matematika 50 + 25 ? Tentu tidak bukan? Karena rumusnya sudah diketahui, metode nya sudah dikembangkan.

Baiklah demikian tips singkat seri #1 dalam mencapai kesuksesan karir di masa depan. Yakinkan diri Anda bahwa materi kuliah telah dikuasai dengan baik. Sampai jumpa lagi untuk seri #2 dari tulisan ini.

Salam Kanivers,
K. Swabawa, CHA

    div#stuning-header .netbee-stuning-header-bg-container {background-image: url(https://kanivainternational.com/wp-content/uploads/2017/07/home-bg3.jpg);background-color: #23214d;background-size: cover;background-position: center top;background-attachment: fixed;background-repeat: no-repeat;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 715px;}div#stuning-header .netbee-stuning-header-bg-container.netbee_stun_header_vertical_parallax {-webkit-transform: -webkit-translate3d(0,0,0) !important;-moz-transform: -moz-translate3d(0,0,0) !important;-ms-transform: -ms-translate3d(0,0,0) !important;-o-transform: -o-translate3d(0,0,0) !important;transform: translate3d(0,0,0) !important;}
    Open chat
    Anda butuh bantuan?